Khasiat Kulit Manggis Untuk Kesehatan : Penyakit Jantung | Asam Urat | Diabetes | Kecantikan | Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Obat

Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Obat

Share on :
Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Obat harus diperhatikan dengan baik dan cermat karena jika salah mengolah maka kulit manggis yang seharusnya berkhasiat untuk menjaga kesehatan atau mengobati penyakit malah menjadi racun yang mematikan untuk tubuh kita. Dalam artikel yang berjudul Khasiat Kulit Manggis Untuk Kesehatan sudah disinggung bahwa kulit manggis sangat berkhasiat atau bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit karena salah satu senyawa yang terkandung dalam kulit manggis adalah xanthone yang memiliki antioksidan yang tinggi. Tetapi bukan berarti kulit manggis boleh dimakan begitu saja, kulit manggis harus melalui beberapa tahap pengolahan sehingga bisa kita konsumsi dengan aman dan bermanfaat untuk tubuh kita.


Tahapan Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Obat adalah sebagai berikut :

Tahap I Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Obat :
Yang harus kita lakukan adalah memisahkan kulit manggis dengan buah dan bijinya.

Tahap II Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Obat :
Kulit manggis dibersihkan dan gunakan sendok untuk mengeruk bagian kulit manggis, pisahkan dari kulit keras yang berada pada bagian luarnya.

Tahap III Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Obat :
Simpan di lemari pendingin kulit manggis yang sudah dipisahkan

Tahap IV Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Obat :
Kulit Manggis tersebut dicampur dengan ethanol dan air dengan perbandingan 1:2 lalu masukkan ke mesin blender untuk dihancurkan.

Tahap V Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Obat :
Setelah diblender, endapkan campuran kulit manggis tersebut selama 24 jam. Kemudian saring untuk memisahkan ampas dengan ekstrak xanthone kulit manggis.







Agar terasa enak, ekstrak kulit manggis tersebut dapat dicampur dengan madu murni. Untuk pewarna alami bisa dicampur dengan sari bunga rosella, untuk penambah rasa bisa ditambahkan dengan apel atau anggur.

Demikianlah tahapan cara mengolah kulit manggis menjadi obat.